Cara Buat Iklan di TikTok Ads bagi Pemula

Tiktok Ads merupakan sebuah fitur yang ada pada aplikasi TikTok dengan tujuan untuk membantu para penjual dalam mengembangkan usahanya.

Menurut perkembangannya aplikasi TikTok sendiri semakin banyak peminatnya dan lebih populer, terutama dalam mencari keuntungan dalam jualan. Sehingga banyak orang yang bersaing dalam menyajikan konten atau video yang menarik.

Lantas bagaimana caranya beriklan di TikTok bagi pemula yang ingin memperoleh keuntungan disana? Anda tidak perlu cemas, karena artikel ini akan memberikan cara-caranya untuk melakukan iklan di Tiktok.

Cara Membuat iklan di Tiktok Ads

1.Membuat Akun di Tiktok Ads Manager

Di bawah ini ada cara membuat akun TikTok, yaitu:

  1. Langkah awal untuk halaman utama, klik tombol “Start” atau “Memulai”
  2. Selanjutnya adalah mengisi semua data berupa alamat email dan pasword untuk akun
  3. Pada kolom “Verification Code”, klik link “Send Code” atau “Kirim Kode”
  4. Tunggu sampai ada kode masuk di email Anda, kemudian masukkan kode verifikasi ke kolom “Verification Code”
  5. Lalu centang kotak persetujuan di “TikTok Ads terms and conditions” > klik “Sign Up”
  6. Langkah selanjutnya, masukkan kolom zona waktu, negara, nama bisnis, nomor Telepon, dan mata uang yang digunakan atau Rupiah (IDR)
  7. Terakhir centang “Persetujuan” > klik “Register”

2.Membuat Campaign Baru

Terdapat 5 tujuan iklan atau advertising objectives yang bisa dipilih, yaitu sebagai berikut:

  1. Reach
    Tujuannya untuk memperkenalkan produk maupun bisnis Anda kepada orang lain dengan jangkauan lebih luas dari sebelumnya.
  2. Traffic
    Tujuannya untuk mengarahkan pembeli untuk mengklik link menuju suatu halaman yang di posting agar traffic pengunjung meningkat. Contohnya adalah blog post.
  3. App Installs
    Tujuannya untuk mengarahkan pembeli ke app store untuk mendownload maupun melihat aplikasi Anda.
  4. Video Views
    Tujuannya untuk mendorong pengguna untuk melihat video yang diposting, sehingga jumlah viewsnya ikut bertambah.
  5. Conversions
    Tujuannya untuk mengarahkan pengguna melakukan konversi dalam pembelian atau melakukan langganan.

Cara membuat Campaign Baru, yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yaitu klik “Create New”
  2. Selanjutnya pilihlah salah satu dari kelima “Advertising Objectives”
  3. Pada kotak “Settings”, tulislah nama campaign-nya.
  4. Kemudian aktifkan opsi “Create Split Test” jika ingin membandingkan dengan performa group lainnya, tetapi bisa tidak dilakukan
  5. Lalu klik salah satu ketiga “Opsi Budget”
  6. Terakhir klik “Continue”

3.Memilih Pengaturan Ad Group

Sebelum memilih pengaturan Ad Group, Anda wajib untuk menulis nama pada Ad Group tersebut.

Di bawah ini ada cara-cara untuk memilih Pengaturan Ad Group, yaitu sebagai berikut:

  1. Memilih Jenis Tipe Promosi
    Tipe promosi mempunyai dua pilihan yaitu Website dan App (Aplikasi). Jika Anda memilih website, maka harus dihubungkan dengan “TikTok Pixel”. Sedangkan App (Aplikasi), maka tidak perlu menghubungkan dengan link aplikasinya.
  2. Memilih Ad Placement atau Penempatan Iklan
  3. Mengaktifkan Automated Creative Optimization
  4. Memilih Karakteristik Target Audiens
  5. Memilih Strategi Bidding
  6. Memilih Opsi Budget dan Schedule

4.Memasang Tiktok Ads

Langkah terakhir adalah memasang iklan. Terdapat dua format iklan yang dapat dipilih, yaitu video dan gambar. Tetapi format video saja dapat diiklankan di TikTok, sedangkan format gambar dapat digunakan di platform mitra. Contohnya Helo dan BaBe.

Tips Iklan pada TikTok Ads semakin Menarik

  1. Pilihlah trend yang lagi viral atau hits
  2. Terdapat pesan yang singkat dan jelas pada iklan tersebut
  3. Gunakan media yang menarik

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan tentang iklan di TikTok Ads.

Baca juga artikel tentang Jenis Iklan di TikTok dengan Karakteristik

You May Also Like