Cara Root Android Paling Mudah Tanpa PC

Hallo sahabat android jumpa lagi hari ini di artikel cara paling mudah root android. Untuk trik cara root hp android yang saya share pada artikel ini tanpa pc ya, jadi kamu bisa root android tanpa menggunakan PC / Komputer. Caranya sangat sederhana sekali dan tentu saja tanpa ribet serta mudah dihafal.

Sebelum ke tutorial mari simak dulu kelebihan dan kekurang setelah hp android di root, agar kamu tahu apa itu root di android.

 

Apa itu Root?

Root pada android merupakan sistem terbuka, yang artinya dimana kita membuka sistem pada sebuah program tanpa batas. Dengan begini kamu mendapat hak penuh untuk melihat semua program pada handphone android tanpa ada hambatan.

Kelebihan Root di Android

Mendapatkan hak akses penuh, kita dapat melakukan hal apapun di android yang sudah di root. Misalnya memodifikasi, ganti icon sinyal dan baterai, memindahkan file-file dari SD Card dengan mudah tanpa ada notifikasi “falture/failed”. Selain itu masih banyak lagi yang pengetahuan yang akan kamu dapatkan jika kamu kreatif mencari tahu bagaimana program pada hp android bekerja dan memodifikasi / modding android sendiri.

Kekurang Root di Android

Untuk kekurangan setelah hp android di Root menurut saya tidak begitu fatal karena hanya sertifikat bawaan pabrik yang hilang serta keamanan lainnya seperti penjaga program sistem, sehingga mengakibatkan virus masuk tanpa penjagaan. Namun kamu tidak perlu khawatir karena banyak sekali aplikasi antivirus terbaik yang dapat menanggulangi masalah virus masuk.

Cara Paling Mudah Root Android

1. Persiapan terlebih dahulu yaitu dengan mengaktifkan Uknown Sources pada hp. Caranya Settings >> Security >> Device Administration >> lalu centang Unknown Sources.

Dengan begini kamu dapat menginstall berbagai aplikasi tanpa meminta izin sertifikat dari google play.

2. Download aplikasi Framaroot apk di www.framaroot.net di situs tersebut ada beberapa versi yang bisa kamu unduh gratis, saya sarankan pakai Framaroot versi terbaru. Setelah Framaroot berhasil di download lalu install, dan pastikan aplikasinya berada di SDCard.

3. Buka aplikasi Framaroot yang sudah terinstall di menu utama.

4. Lihat gambar dibawah ini.

5. Pilih Gandalf, jika ada notifikasi seperti gambar dibawah berarti proses rooting hampir berhasil dan tekan OK untuk reboot ponsel.

 

Reboot ponsel akan merestart android kamu secara otomatis, dan bila aplikasi SuperSU berhasil terinstall maka proses root berhasil dan hp android kamu selesai di root.

Untuk mengetahui android kamu statusnya sudah ter-root atau belum silahkan cek dengan cara mendownload aplikasi Root Checker di Google Play Store. Atau anda bisa mendownload aplikasi Root Checker dibawah.

Cara Cek Root Android

1. Download Root Checker apk


2. Buka aplikasinya.

3. Pilih Verify Root, dan tunggu proses pengecekan selesai.

Jika status hp android kamu berhasil di Root maka akan ada pemberitahuan berupa “Congratulations! Root access is property installed on this device!”

Test On: Samsung Galaxy Core GT-I8260, GT-I8262 Android 4.1.2

You May Also Like